Kamis, 06 Mei 2010

Kita harus yakin dengan keputusan yang kita ambil!

Gw teringat sesuatu! Tiba-tiba aja waktu lagi duduk sendirian diruang kuliah sambil nyorat-nyoret buku catetan dan nungguin dosen masuk ruangan gw teringat sesuatu diam. Yaitu alasan awal kenapa gw masuk ke jurusan dan fakultas ini. Jurusan Geografi dan Ilmu Lingkungan Fakultas Geografi UGM. Ya maklum aja,gw dulu naro pilihan pertamanya ya disini,terus kedua gw pilih Teknik Geologi dan terakhir Ilmu Komputer. Aneh ya?

Iya,gw juga tau kok ada yang aneh dengan pilihan gw itu. Munculan beberapa pertanyaan dikepala gw. Kenapa gw milih pilihan pertamanya geografi? Kenapa gw gak naro Teknik Geologi aja dipilihan pertama? Kenapa juga musti Ilmu Komputer yang gw tempatin diposisi terakhir? Kenapa sih gw ganteng? Kenapa dosennya lama banget masuknya sih nih? dan kenapa kenapa yang lain.

Setelah dicoba mikir dengan keras,akhirnya nemu jawabannya ihikhik,gw inget. Ada beberapa alesan yang bikin gw lebih memilih kesini dibanding di jurusan lain. Waktu dulu gw pengen milih jurusan pas tes UM UTUL (tes masuknya UGM),gw sempet konsul dulu ke Ruang Bimbingan Konseling. Semua juga tau kalo anak-anak SMA kelas 3 tuh,pas mendekati UN dan ujian masuk universitas pasti banyak yang konsul kesini ini buat nanyain ke guru pembimbing jurusan apa yang cocok buat mereka. Dan salah satunya adalah gw.

Suatu hari disaat istirahat gw coba kesana sekedar iseng-iseng nanya jurusan apa yang cocok buat gw. Gw liat udah banyak aja temen-temen yang lain berdiri didepan pintu,kayak ngantri sesuatu. Ada apaan nih? pikir gw. Dengan berlari kecil langsung aja gw menuju ruangan. Dan ternyata eh ternyata,ada sekitar 20an muda-mudi berseragam putih abu-abu yang sedang konsultasi (dan antri nunggu giliran) sama guru-guru BK-nya. Yo oloooooh,gw cuma bisa ngelus-ngelus dada. Ternyata gak cuma gw doang yang kepikiran pengen konsul hari ini.

Itulah salah satu fenomena alam yang pernah gw alamin dulu waktu pengen nentuin jurusan perguruan tinggi. Ya gw sih maklum aja dengan keadaan itu, karena sebagai anak muda emang gw akuin jiwa kita masih labil untuk persoalan yang kayak beginian (nentuin pilihan -admin-). Kita butuh masukan saran dari orang-orang disekitar kita, bahkan untuk pilihan yang nentuin jalan kehidupan kita agree5. Tentunya kita gak pengen bahwa pilihan yang kita ambil malah bikin kehidupan dan masa depan kita jadi berantakan,karena salah milih (hidup udah berantakan,ditambah masa depan yang berantakan juga! AAAARRRGGHHH..!! tension). Maka dari itu terkadang emang masukan-masukan itulah yang bisa menjawab kegundahan jiwa-jiwa yang kosong tersebut. Tsaaaaahhh..! jelir.

Oke balik lagi ke alesan gw masuk sini, alesan-alesan tersebut diantaranya adalahsebagai berikut:
  • Geografi merupakan jurusan yang masih dapat dibilang belum setenar dengan jurusan lainnya (bandingkan seenggaknya dengan kedokteran dan hukum,bahkan matematika), jadi otomatis SDM-nya lebih sedikit sehingga banyak lembaga-lembaga yang membutuhkan tenaga seorang geograf.
  • Setelah tsunami dan gempa yang melanda Aceh beberapa tahun lalu, geograf seakan-akan mulai bangkit dari tidurnya karena kebanyakan instansi-instansi terkait membutuhkan ilmunya (seperti yang udah gw bilang diatas,baca gak?)
  • Berdasarkan alesan diatas juga,gw tarik kesimpulan maka lapangan pekerjaan dan prospek kerja seorang geograf SANGAT BESAAAAAAR....!!
  • Di Indonesia cuman ada beberapa universitas yang memiliki fakultas geografi,salahsatunya UGM. Kalo jurusan geografi sih dimana-mana juga ada,biasanya gabung di fakultas MIPA.
  • Karena hal tersebutlah,maka UGM menjadi "kiblat" bagi perilmuan geografi nasional. Ibaratnya kalo ngomongin tgentang geografi maka kita musti membahas fakultas geografi UGM (gitu menurut gw).
  • Karena geografi merupakan ilmu kebumian, maka akan ada banyak kuliah di lapangan (baca: luar kampus -admin-) yang lebih sering dilakukan,berarti akan lebih sering jalan-jalan. Yeeaaaahhh...!! punk.
  • Mata kuliah yang dipelajarin relatif lebih mudah,gampang ditangkep karena berhubungan dengan logika (alesan ini setengahnya bener jelir).
  • Praktikum lebih sedikit,karena kita bakalan ke lapangan terus, jadi berimbas pada jumlah laporannya yang sedikit. (nah,yang terakhir ini gw SALAH BESAR)
Alesan tersebutlah yang bikin gw lebih memilih jurusan ini dibanding yang lainnya (walaupun ada beberapa yang kurang tepat jelir). Oke lah pendapat orang beda-beda,tergantung persepsi masing-masing orang, tapi gw rasa itu semua udah cukup menjawab pertanyan "kenapa sih gw lebih memilih ke jurusan ini?" tadi itu. Walaupun harus dikejar-kejar harus nyelesaiin laporan laporan praktikum tiap minggunya yang bikin stress, gw bahagia kok menghadapinya tepuktangan. Dibawa santai aja. Mungkin itu ya yang dibilang udah terlanjur cinta sama geografi, atau bahasa jawanya "kadung tresno" love28. Hahahahaa..

HIDUP GEOGRAFIII...!!
kribo

2 komentar:

  1. klo anda milih jurusan geografi....sekarang aku lagi bingung nentuin jurusan pa yang pas :32

    bingung antara teknik geologi/ arsitektur / PWK...:58

    BalasHapus

Sampai disini, ada tanggapan? ;)