Selasa, 04 Mei 2010

ini udah semester 2 beibeh..! whhooooo....!!

Oke oke..semester ini merupakan semester ke 2 gw jadi mahasiswa (mahasiswa gitu lohh..! encem). Iya, gak terasa udah setengah tahun lebih gw kuliah di UGM. Kampus tercinta, idaman sebagian pemuda dan pemudi Indonesia yang pengen merubah garis hidup mereka sarjana, yang (katanya mas-mas dan mbak-mbak angkatan sebelumnya yang cuap-cuap pas ospek tapi gw dengerinnya cuman separo-separo doang karena ngantuk ngantuk) berasaskan kerakyatan dan pancasila. Satu yang gw suka dari universitas ini adalah warna almamaternya yang lain dari yang lain. Warnanya itu unik loh. Asli, gw aja gak tau gimana nyebut warnanya. Kayak karung goni kalo kata mbak-mbak itu. Dan gw gak tau bener apa enggak tuh jawabannya, apakah itu bener-bener warna karung goni, tepung terigu, atau malah karung beras. Apapun itu tapi yang gw suka adalah alasannya dibalik warnanya. Katanya sejarahnya dulu tuh dipilih warna itu karena UGM merupakan perguruan tinggi yang berasas kerakyatan atau bahasa sekarangnya pro-rakyat.

Pernah pada suatu kesempatan gw ditanya sama temen waktu jaman sekolah dulu. "jen, warna almet kampus lo apaan?". gw gak langsung jawab, diem dulu mikir nyari jawaban yang pas (tapi gak ketemu-temu sampe sekarang..musti banyak-banyak baca buku lagi nih nerd). yaudah daripada kelamaan gw jawab aja "gw gak tau warnanya apa namanya, tapi kayak warna karung goni gitu deh". eh dia malah ketawa ngakak, "warna karung goni? warna apaan tuh bro? hahahaha...". asli kesel banget gw, dia gak tau aja sejarahnya gimana.
Gapapa lah yang penting sekali UGM tetep UGM..!

Satu lagi yang gak berasa adalah usaha dan kerja keras gw untuk menghadapi hari-hari yang udah dilewatin sendirian di "negeri orang" ini punk. Yaaa..Emang sih disini gw dapet temen-temen baru yang sama-sama merantau juga,jadi seenggaknya ada lah temen yang senasib sepenanggungan. Tapi kan rasanya tetep aja beda kalo dibandingin dengan hidup nyaman tentram ganteng di rumah sendiri. Home sweet home itu masih tetep ada disana, dan gw mungkin gak akan pernah menemukan tempat dimana pun, yang bisa gw sebut dengan home sweet home malu. Bukan begitu??

Sebagai anak rantau jelas yang sendirian di "negeri orang" ini jelas bikin gw harus memutar otak sekuat tenaga buat mencukupi kehidupan sehari-hari. Ya walaupun biaya hidup disini kalo dihitung-hitung lebih murah ketimbang daerah ber-universitas bagus lainnya. Dan buktinya udah banyak banget gw dapetin.

Mulai dari harga kos-kosan, sampe makan sehari-hari di "negeri orang" ini emang jelas lebih murah. Lalu timbulah pertanyaan. Kenapa gw nyebutnya dengan "negeri orang" ketimbang nama kotanya yaitu Yogyakarta.?? karena eh karena, bahasanya, yaitu bahasa jawa, yang dipake disini tuh masih kurang akrab ditelinga gw. Gw masih harus belajar banyak tentang grammer dan vocabulary lagi nih. Emang sih gw dibesarkan oleh keluarga jawa asli, tapi kan tetep aja bahasa sehari-hari itu bahasa gahol gitchu dech..! (sambil monyongin bibir), jadinya masih belom faseh bahasa jawanya.

oke balik lagi ke biaya hidup disini. Gw bilang diatas kalo gw punya bukti bahwa biaya hidup disini lebih murah ketimbang kota-kota lainnya yang selevel. Jadi ceritanya dulu waktu pas pertama-tama masuk kuliah gw sharing sama temen-temen sekolah gw. Gw tanyain satu-satu gimana biaya hidup di "negeri baru" mereka itu masing-masing. Dan dari jawaban mereka + faktanya dengan biaya hidup di Yogyakarta udah bisa ditarik kesimpulan bahwa :

BIAYA HIDUP DI YOGYAKARTA JELAS LEBIH MURAH LOOHH...!!! kribo

haha..gw gak asal ngomong loh. Oke,buat yang gak percaya coba dibandingin deh. di kota lo tuh sehari makan makan abisnya berapa duit? ada 20 ribu?
disini gw makan sehari 3 kali cuma 10 ribu brad..! SEPULUH REBUUUU...!!! kaget
itu pake sayur 2 jenis sama goreng-gorengan.
gimana kurang murah tuh..!
gw bersyukur deh bisa nerusin kuliah disini,seenggaknya untuk biaya hidup masih bisa diakalin dan gak terlalu nyusahin orang tua. Iya gak?
Chhheeerrrrrssss.....! minum
siap untuk bergelut dengan kehidupan perkuliahan yang keras,demi masa depan yang lebih baik.!! tinju

3 komentar:

  1. Rajin Belajar dan selalu Aktif ya Bro,..
    Sukses selalu dan semangat

    BalasHapus
  2. sip Brad..!
    untuk masa depan yang lebih baik,belajar dan keaktifan udah seharusnya dilakukan..

    maturnuwun yoo..
    comment pertama di blog baru saya nih..
    :malu

    BalasHapus
  3. salam ...
    wah...pemikiran mahasiswa ky lo...
    sma kya mahasiswa d tmpat ane....
    tpi,dsinilah kita bisa berinisiatif n kreatif sendiri..
    nanti saat kta semua lulus,,,kta kan gapai bintang yang gemerlap nan jauh dsna...= :26

    BalasHapus

Sampai disini, ada tanggapan? ;)