Senin, 10 Mei 2010

Geografi yang penuh warna -1-

Lagi-lagi gw akan mengangkat tema geografi untuk dibahas dan dianalisis kali ini (aduh,bahasanya kayak lagi bikin pembahasan laporan praktikum aja). Tapi jangan ke ilmunya dulu deh, lain kesempatan aja kita bahasnya (Insya Allah,kalo inget). Sekarang gw akan menganalisis “geografi” yang lainnya. Loh kok? Emang ada “geografi yang lainnya selain “geografi” keilmuan itu? bingung

Ya ada laaah..! mangkanya dibaca sampe abis ya. Biar gak penasaran brad. Heheee..

“Geografi” yang akan gw bahas sekarang adalah Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta encem. Kampus tercinta, tempat gw menuntut ilmu dan mengejar gelar S1 (insya Allah cepet lulusnya deh..amiiien sarjana). Dimana keseharian gw kuliah disini emang penuh dengan warna-warni kehidupan. Gw belajar banyak dari apa yang gw temuin disini. Bisa dari dosen, asisten praktikum, pak satpam, penjaga kantin, imam mushola Al-Ardhu (musholanya geografi), ibu-ibu penjual jajanan kalo pas sore-sore di kampus, mas-mas dan mbak-mbak angkatan sampe temen-temen seangkatan seperjuangan gw. Nah, yang bakalan gw bahas sekarang adalah temen-temen gw disini! JENG JENG JENG JEEEEENNGG..!! (seperti biasa,selalu ada musik latar belakangnya disaat-saat yang menegangkan sengihnampakgigi).

Hidup di kota baru untuk menuntut ilmu, berarti butuh beradaptasi lagi dengan lingkungan dan orang-orang baru, berarti dengan kata lain bakalan dapet temen baru (karena temen-temen lama gw disana gak mungkin gw angkut satu-satu kesini, rugi bandar
sengihnampakgigi). Temen-temen yang berasal dari berbagai macam daerah di Indonesia, memiliki karasteristik masing-masing yang beda-beda,sifat yang beda-beda,gaya yang beda-beda, muka yang beda-beda dan juga orang tua yang beda-beda (gw gak bisa bayangin kalo kami semua ternyata punya orang tua yang sama, AAAARRRGGGHH TIDAAAAAKK…!!). Pokoknya warna-warni deh.

Sekarang, orang-orang ini akan coba gw “telanjangi” satu-satu disini. Cuma sekedar pengen share bahwa mereka lah orang-orang yang beruntung bisa berteman dengan saya (hahaa..udah kayak apa aja). Supaya keliatannya lebih rapih, maka akan gw susun berdasarkan absen dan jenis kelamin. Inilah hukumannya karena kalian sudah memasuki kehidupanku wahai anak muda.!

Oke,gak usah pake lama. Langsung aja di cekidot!
kribo

Agam

Makhluk imbisil kelebihan energi asal Kabupaten Bekasi ini paling gak bisa diem diantara yang lainnya. Kayaknya dia gak pernah mengenal kata “capek” atau “lelah” didalam kamus hidupnya. Hiperaktif. Hobinya pecicilan, kesana-kemari gak jelas kayak anak monyet dan melakukan gaya-gaya yang aneh lainnya pada saat kami sedang beraktifitas. Contohya ngumpetin kunci motor orang atau enggak pas lagi didepan laptop sendirian tau tau tanpa ada aba-aba teriak “alay..alaaayy..ALAAAAYY!!” (karena contoh yang terkhir ini lah gw kadang manggil dia “alay”). Ke-hiperaktif-an dia itu emang udah gak bisa ditolerir lagi. Udah akut,dan banyak contoh-contoh dalam kesehariannya. Seperti misalnya waktu yang lainnya belom selesai ngerjain laporan, dia doang yang udah ngerjain laporan. Apa gak hiperaktif tuh namanya? Ngerjain laporan disaat yang lainnya belon pada ngerjain! (eh,ini hiperaktif apa rajin yah?). Mungkin dulu pas nyokapnya hamil dia ngidam batu baterai alkalin atau charger hape,jadi berpengaruh terhadap hormon didalam tubuh dan kejiwaannya. Benda kesukaannya sisir,kalo udah ketemu sisir baru bisa diem. Soalnya dia bakalan menyibukkan dirinya sendiri dengan sisir itu. Kata-kata favorit : “alay….alay…alaaaaay…AALLAAAAYY..!!” dan "fang..feng..fong" (diucapkan terus berulang-ulang kalo lagi kumat)

Ajis

Cowok berambut ikal berperut buncit ini punya ciri khas tersendiri. Yaitu jenggot yang cukup lebat didagunya dan bulu hidung yang kerap keluar-keluar dari sarangnya (baca: offset –admin-). Gw gak tau,jangan-jangan dia miara hewan kecil didalam lubang hidungnya jadi sengaja membiarkan bulu hidung tersebut ngewer-ngewer keluar agar piaraaanya ,merasa nyaman didalamnya (anjrit,serem banged!) atau gak ada gunting yang sanggup memotong karena itu merupakan bulu hidung sakti. Hanya ada 1 berbanding 343.739.824 jiwa setiap kelahiran yang memilikinya. Tergolong rajin kalo urusan tugas dan laporan, jadi gak heran kalo diantara temen-temen cowok gw yang lainnya dia lah yang memiliki IP tertinggi (semester 1 aja udah dapet 3,5 brad!! ckck
respek). Termasuk salah satu orang yang jadi petunjuk jalan kalo lagi jalan-jalan,karena mind map-nya diatas rata-rata superman. Mungkin ini berkat pengalamannya menjelajahi Pulau Jawa waktu perang gerilya dulu mempertahankan kesatuan NKRI. Tai lalat yang sexy dihidungnya menjadi daya tarik tersendiri bagi cowok ini. Sangat menawan. Amazing. Mempesona! Semua orang kalo lagi ngobrol sama dia pasti perhatiannya tertuju ke tai-lalat-yang-sexy-itu. Mungkin ini imbas waktu dulu masih bayi dijemurnya disamping tempat sampah depan rumah. Salah satu pemrakarsa “tepuk-tangan-2-detik-sekali-lalu-tepuk-lagi-begitu-seterusnya”. Kata-kata favoritnya adalah “Heeh.!” (diucapkan dengan nada pemeran tokoh antagonis kayak di sinetron-sinetron yang gak bermutu itu) dan “Ngopo e cuk? Ono masalah po?!” (artinya kurang lebih “ngapa lo tot? Ada masalah apa?!”.

Amri

Pemuda asal Jakarta ini hampir tidak dapat diidentifikasikan keanehan dikesehariannya. Normal. Damai. Tentram sepanjang hari. Hal ini karena dia emang tipe orang yang anteng dan gak banyak tingkah (gak kayak Agam). Merupakan satu-satunya temen SMA gw yang satu jurusan sama gw, jadi kurang-lebihnya gw udah sedikit-banyak tau tentang dia (duh,kesannya romantis amet!). Salah satu dari beberapa temen gw yang menggalakkan program “Walk to Campus!”, soalnya jarak kosan dia ke kampus cukup dekat. Belon punya motor disini,tapi yang bikin gw bingung, dia termasuk ke dalam golongan yang cukup hapal jalan-jalan di daerah Jogja, seenggaknya lebih baik dari gw. Kerap dipanggil “Yes-man” sama yang lainnya karena selalu bilang iya kalo diajak kemana-mana (tapi belakangan ini udah mulai bisa belajar mengeluarkan kata tidak). Kata-kata favoritnya adalah “Kalo gw mah ayo aja!” (diucapkan kalo lagi diajak ke suatu tempat atau dimintai pendapat sesuatu tentang tempat bepergian).

Dimus dan Geger

Dimus

Anak nusantara! Pasti dia bilang gitu kalo ditanya berasal dari daerah mana. Lahir di Palembang, besar di Mataram, NTB lalu pindah ke Yogyakarta pas SMA untuk melanjutkan sekolah sampe sekarang lantaran orang tuanya gak sanggup ngerawatnya (eh? Bener gak sih dim? Gw denger-denger gitu masa). Nama aslinya panjang banget, gw aja sampe gak apal. Coba sebentar gw inget-inget. Kalo gak salah Dimas Musa Sulistyo Aulia El Al Dul (Aah tau ahh! Ribed!). Dengan perawakan tinggi, besar dan item serta kepala yang dicukur cepak abri setengah senti bikin dia ditakutin sama temen-temen cewek. Gw ngebayangin jangan-jangan kalo dia lagi dikeramaian sendirian, pake dandanan preman, masang muka serem sambil mengacung-acungkan mistar besi ke udara, orang-orang bakalan ngasih dompetnya ke dia lalu lalu terbirit-birit. Mengikuti berbagai aktivitas kampus yang berhubungan dengan alam dan terik matahari, yaitu pecinta alam dan menyelam. Jadi jangan heran kalo dia jadi tambah “berwanrna” dari hari ke hari. Belakangan ini jadi mudah tersinggung kalo ada yang mengucapkan kata hitam. Termasuk salah satu temen gw yang berotak diatas rata-rata. Dikasih tau dikit sama dosen pasti langsung nyambung dan mengerti. Hebat!
respek Kata-kata favoritnya “Gasraaak!” dan “entar dulu ya gw mau ke GEGAMA dulu” atau “sori gw gak bisa,mau ke gelanggang (UKM Selam nyelem –admin-)”

Geger

Nama aslinya Garry a.k.a Geri, tapi gw udah terlanjur manggil dia Geger. Lahir di Wonogiri, lalu besar di Kabupaten Bekasi. Menyukai hal-hal yang berbau dengan Jepang (emang Jepang bau ya?) sama kayak Agam, termasuk genre musiknya. Saking cintanya sama musik dia bela-belain bawa gitar listrik berikut ampli-nya dari rumahnya ke Jogja. Jadi gak heran kalo hobinya adalah nggelitikin gitar. Doi adalah gitaris gw kalo lagi diminta buat ngisi-ngisi acara akustikan diberbagai tempat. Tapi masih susah kalo gw suruh bawain lagu-lagu yang bukan alirannya macam GNR atau semacamnya (capek deeeh). Biasanya kalo gw nanya tentang batu-batuan dan georgafi fisik yang gw gak tau,gw bakalan nanya ke dia. Dibandingin gw,dia lebih mudeng tentang batu-batuan. Mungkin hal ini dipengaruhi oleh masa kecilnya yang suka maenan tanah dan batu sendirian gak ada yang nemenin sampe sore hari ditanah kosong depan rumahnya (sok tau mode on). Kata favoritnya : “Eiizeet” atau “Heeiizzeet” (sori,gw gak denger jelas tiap kali dia mengatakan kata ini,mungkin dia bersuara lewat hidung,ketiak atau perutnya).

Ikbal

Salah satu orang yang pertama kali gw kenal di Geografi, ketemu pertama kali pas tes disuruh baca Al-Quran pas AAI perdana yang ngumpul bareng-bareng itu, sejak saat itulah kami berteman. Bernama asli Muhammad Iqbal,merupakan ketua angkatan jurusan gw. Terpilih secara aklamasi pas acara makrab di Merapi
respek. Ikut BEM fakultas dan dipercaya jadi menti disalah satu kementrian. Mungkin itulah sebabnya doi selalu telat ngerjain laporan dan tugas (gak beda jauh sama gw lah). Hobinya adalah “jalan kaki ke kampus”, dan jangan salah loh. Kecepatan dia berjalan berada diatas rata-rata orang-orang kebanyakan. Gw bayangin mungkin dulu pas dia pesantren salah satu pelajaran sekolahnya ada yang namanya “BJSM” atau Belajar-Jalan-Secepat-Mungkin. Disitu dia diajarin gimana caranya berjalan dengan teknik tertentu dan jurus rahasia yang telah diwariskan turun-temurun, gimana caranya mengatur nafas yang benar (ngambil nafasnya tiap berapa langkah sekali terus buang nafasnya juga tiap berapa langkah) sehingga bisa lebih cepat dari orang-orang biasa. Kata-kata favoritnya : “Jen,pinjem motor lo dong bentar” (biasanya ditambahin beberapa alesan kayak mau nyuci,ngerjain tugas,ataun ngambil sesuatu).

Panjul
Lahir di Jakarta, besar di Bogor. Memiliki nama asli Pandu,tapi gw lebih suka manggil dengan sebutan panjul, pengucapannya enak dilidah, lebih maknyuuss. Satu-satunya orang yang menggunakan bis umum kalo ke kampus,lalu dilanjutkan dengan jalan kaki (lagian rumahnya jauh-jauh,siapa suruh). Oleh karena itu dia lebih sering terlihat dikampus,kayak orang luntang-lantung. Diantara yang lainnya mungkin dia yang kelakuannya paling jorok, kayak meperin upil ke baju temennya, meperin tangannya yang belepotan sehabis makan ke lengan temennya, bekepin kaos kaki yang belon dicuci seminggu ke muka temennya, dan kelakuan tidak terpuji lainnya yang malay gw sebutin satu-persatu disini (kebanyakan soalnya), mungkin ini dipengaruhi oleh kehidupan masa lalunya yang kelam dan menyedihkan
payah. Tapi disisi lain,dia merupakan saatu-satunya yang punya nilai TOEFL lebih dari 500 diantara yang lainnya respek. Paling takut sama pocong. Dan dialah pemilik laptop yang melegenda itu. Laptop yang loadingnya lamaaaaa banged,bikin sakit hati, minta dibanting, dan sering mengeluarkan suara-suara aneh seperti ‘embeeek’ atau ‘mooooouu’ atau bahkan ‘door..door..DOOOR!’kayak suara tembakan AK-45. Kalo lagi hoki lo juga bakalan denger suara ‘DHHUUAARR..!’, bunyi laptopnya meledak.!! Kata favoritnya : “b*ngsaaaaat!” sensor.

Wisnu

Pemuda berawakan tinggi besar yang melebihi Dimus ini,memiliki darah Bali didalam tubuhnya. Salah satu temen gw kalo lagi ngenet dikampus malem-malem buat ngerjain tugas dan ngeblog, kalo udah ngenet sampe lupa makan dah, bahkan sampe dibela-belain nginep dikampus gak balik. Imbasnya besokannya perutnya kembung masuk angin (jangan ditiru tuh! Tapi seenggaknya mendingan lah daripada gw yang sempet kena DBD
tandu). Karena kosannya lagi direnovasi (mau dijadiin tempat portitusi kali gile),maka sekarang dia tinggal sementara di rumahnya Dimus. Karena satu hal tertentu dia terlihat lebih akrab ke teman-teman cewek dibandingin temen-temen cowok yang lain (eh enggak deng, masih ada Agam yang bisa akrab dengan siapa saja). Kata favoritnya : …………………. (aah, gw lupa, dia gak punya kata favorit, hehee sengihnampakgigi).

Insya Allah bersambung lagi. Bakalan gw kupas tuntas temen-temen cewek gw lain kesempatan. (suitt.sssuuuuuiiitt...!
cium)

5 komentar:

  1. mantab gan!!!

    salutehttp://lh6.ggpht.com/_RVpTV2JOOxA/S1FULISAgyI/AAAAAAAABxs/bVLPv-CmDRA/kaskuser_t4belajarblogger_01.gif

    BalasHapus
  2. http://lh6.ggpht.com/_RVpTV2JOOxA/S1FULISAgyI/AAAAAAAABxs/bVLPv-CmDRA/kaskuser_t4belajarblogger_01.gif

    cek

    BalasHapus
  3. hedeh...
    tega amat km , yen...
    http://lh6.ggpht.com/_RVpTV2JOOxA/S1FULQB_34I/AAAAAAAABx0/CHYgHAJ0RME/kaskuser_t4belajarblogger_03.gif

    BalasHapus
  4. hhehe.. lucu lucu
    potonya...

    BalasHapus
  5. Mana nih yan cewek ceweknya?
    Gw nunggu setaun ga muncul muncul

    BalasHapus

Sampai disini, ada tanggapan? ;)