Kamis, 22 Desember 2011

Visi Misi dan Rencana Strategis

Setelah kemarin gue memposting alasan kenapa gue memutuskan maju menjadi Calon Ketua BEM KM FGE UGM dan beberapa testimoni dari rekan-rekan mahasiswa untuk gue, yang (Insya Allah) juga mau bersama gue begerak dan berkontribusi demi Geografi yang lebih baik. Kali ini akan coba gue posting mengenai visi misi dan rencana strategis yang gue bawa dan tawarkan.

Sebelum lebih jauh lagi, perlu di garisbawahi disini, bahwa baik gue (Calon nomor urut 1) maupun Anggit (Calon nomor urut 2), masing-masing sudah memiliki visi misi dan rencana strategis yang telah dipersiapkan untuk membawa kemana BEM KM FGE UGM kedepannya. Walaupun konsep yang gue bawa berbeda dengan konsep yang disiapkan Anggit, tapi kita berdua memiliki tujuan yang sama : yaitu membawa BEM KM FGE UGM dan Fakultas Georgafi UGM ke perubahan yang lebih baik.

Agar lebih jelasnya akan gue jelaskan disini visi misi dan rencana strategis yang gue tawarkan untuk menuju perubahan yang lebih baik itu.

Oiya, perlu gue jelaskan. Bahwa fungsi BEM KM FGE UGM sebagai sebuah lembaga pergerakan mahasiswa ada 4 fungsi. Keempat fungsi tersebut adalah: Kaderisasi, Pelayanan, Jaringan, dan Advokasi.
Keempat fungsi itu gue coba tuangkan di dalam visi misi ini.


Visi:
Menjadikan BEM KM FGE UGM sebagai lembaga penggerak perubahan, penyambung aspirasi, pemberdaya masyarakat dengan kontribusinya yang nyata di ranah fakultas, universitas, dan masyarakat umum


Misi:
1. Mengoptimalkan fungsi kaderisasi untuk membentuk generasi penggerak perubahan
2. Menyambung aspirasi dan mengawal isu kebijakan kampus, lokal, maupun nasional
3. Membangun kepedulian dan memfasilitasi untuk berpartisipasi dalam pemberdayaan masyarakat
4. Membangun jaringan lembaga dan media strategis di ranah fakultas, universitas, masyarakat umum, dan pemerintah
5. Memperkuat fungsi kajian strategis sebagai pondasi gerak dalam pengawalan isu dan internalisasi nilai-nilai geografi


Akan coba gue jelaskan disini segala sesuatunya.

1. Masyarakat yang coba gue berdayakan dengan kontribusinya yang nyata di ranah fakultas, universitas, dan masyarakat umum adalah civitas Fakultas Geografi UGM. Baik itu mahasiswa dan tenaga pengajarnya.

2. Membentuk generasi yang mampu menjadi penggerak perubahan langkah kongkritnya adalah dengan memiliki Standar Mutu Kader dan mengaplikasikannya untuk membentuk generasi tesebut.

Dengan mengaplikasikan Standar Mutu Kader, harapannya adalah orang-orang yang bergabung dengan BEM KM FGE UGM nanti bisa memiliki kecakapan-kecakapan tertentu, misalnya bisa lebih menghargai waktu dengan mampu memanajemennya dengan baik, mampu menyampaikan pemikirannya lewat media tulis, mampu menyampaikan pemikirannya dengan lisan, menjadi pribadi yang cinta lingkungan, dan lain sebagainya. Ini adalah fokusnya Departemen PSDM.

3. Menyambung aspirasi teman-teman mahasiswa dan memperjuangkannya, jelas merupakan tugas nyata dari Departemen Advokasi. Memperjuangkan keinginan teman-teman mahasiswa hingga terrealisasikan. Dengan memanfaatkan media jejaring sosial berupa group Selasar KM FGE UGM, harapannya semua aspirasi mahasiswa bisa tertampung dan diperjuangkan. Juga tidak lupa turut serta dalam pengawalan beasiswa-beasiswa yang ditawarkan untuk mahasiswa. Peran mahasiswa harus dioptimalkan agar tidak terjadi penyelewangan dan pemberian beasiswa yang tidak tepat sasaran.

4. Membangun kepedulian untuk berpartisipasi dalam pemberdayaan masyarakat agar kita tidak sekedar menjadi mahasiswa yang bisanya cuma belajar teori doang, tetapi juga bisa mengaplikasikannya untuk mengabdi kepada masyarakat. Dan jangan lupa, bahwa salah satu dari tridharma Perguruan Tinggi, selain pendidikan/pengajaran dan penelitian, juga ada pengabdian masyarakat.

Kongkritnya, dengan mengoptimalkan peran dari Departemen Sosial Masyarakat, kita mampu berkontibusi untuk kemashlahatan ummat. Misalnya dengan tanam pohon dan kegiatan sosial lainnya.

5. Membangun jaringan lembaga dan media strategis maksudnya ialah dengan mengembangkan jaringan yang sudah ada antar lembaga dan media untuk kepentingan masyarakat banyak. Gak bisa kita pungkiri, bahwa hal yang menjadi ketakutan bagi mahasiswa setelah lulus, adalah tidak diterima kerja dimana-mana.

Dengan memaksimalkan jaringan para alumni yang punya link dengan institusi atau perusahaan tertentu, harapannya kita bisa mengatasi ketakutan tersebut.

Kongkritnya, dengan mengadakan Job Fair yang berkerjasama dengan lembaga-lembaga, institusi-institusi, dan perusahaan-perusahaan yang ada hubungannya dengan disiplin ilmu kita, geografi. Sehingga harapannya, mampu memberikan sedikit pencerahan bagi mahasiswa untuk menjawab pertanyaan : mau kemana setelah lulus nanti?

6. Memperkuat fungsi kajian strategis sebagai pondasi gerak dalam pengawalan isu disini maksudnya adalah sebagai sebuah lembaga pergerakan mahasiswa, BEM KM FGE UGM, melakukan pergerakan berdasarkan kajian dan melihat secara lebih mendalam. Tidak sekedar ikut-ikutan saja, tetapi juga harus tau duduk permasalahan dari sebuah masalah.
Diskusi dan kajian perlu dilakukan secara kontinu untuk membahas isu-isu yang sedang hangatnya, terutama isu tentang lingkungan.
Dan ini adalah tugas dari Departemen Kajian Strategis.


Begitulah.

Gue sadar, bahwa perjuangan yang coba gue lakukan ini gak gampang.
Susah.

Susah, tapi pasti bisa!

Maka dari itu, partisipasi dan dukungan dari setiap elemen yang ada sangat diharapkan.

Kepada para jiwa-jiwa yang rindu akan kemenangan dan kejayaan,
mari kita bergerak bersama,
mari kita berkontribusi bersama.

Mari bergerak dengan kesepahaman!
Georgafi Bersatu!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sampai disini, ada tanggapan? ;)