Senin, 14 Juni 2010

Diet? Siapa Takuuuut..!

Kesehatan emang gak bakal ada habisnya untuk dibahas. Tiap hari pasti ada berpuluh-puluh artikel baru yang berbau kesehatan (emangnya kesehatan bau ya.? hehe). Dan gw sebagai seoarang blogger Indonesia yang baik dan benar tentunya juga gak mau ketinggalan dong untuk ikut ambil bagian membuat artikel tentang kesehatan.

Salah satu yang sering diperbincangkan adalah tentang diet. Yaaa, diet. Untung orang-orang yang memiliki berat badan berlebihan (baca: kurang ideal) bisa menggunakan cara-cara untuk mendapatkan berat badan sesuai selera.

Berikut ini akan gw beberkan beberapa tips diet untuk teman-teman semua agar mendapatkan hasil diet yang optimal. So, monggo di cekidot!

  1. Selalu ingat untuk sarapan. Sarapan membantu mengaktifkan metabolisme tubuh setelah beristirahat dan olahraga pagi. Kalau kita meremehkan sarapan, waaah, konsekuensinya adalah nafsu makan tak terkendali dari siang hingga malam harinya, membuat kita memasukkan kalori lebih banyak daripada kalau kita sarapan. Hal ini terjadi karena waktu kita beraktifitas pikiran kita pasti ke makan..makan..dan makan. Kerja dan belajar jadi gak bisa konsen. Mangkanya gw menganjurkan untuk selalu inget sarapan setiap hari.
  2. Gabungkan serat dengan protein. Keduanya adalah kelompok makanan yang sulit dicerna oleh tubuh, sehingga mengalami pengosongan lambung yang paling lama (maksudnya adalah rasa kenyang yang lebih bertahan lama). Selain itu, keduanya mengandung kelompok nutrisi penting untuk kesehatan, yaitu: serat, asam amino, vitamin, mineral, dan phytonutrient lainnya. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat! Karena bukannya malah kurus yang ada malah tambah gendut.
  3. Sisipkan snack sehat di antara meal besar. Tips ini mengaktifkan metabolisme kita karena tubuh senantiasa memproses makanan, sekaligus mencegah kita dari diet penuh penderitaan lapar dan lemas. Pilihannya bisa bervariasi: mulai dari segelas jus, susu rendah lemak, sampai ke sepiring gado-gado dengan sedikit saos kacang, atau segenggam kacang sangrai. Asal jangan memadukan padi dan kapas untuk dikonsumsi aja (seret soalnya), apalagi sepiring paku payung dengan batu kerikil.
Semoga tips-tips diet diatas bisa membantu Anda untuk mendapatkan hasil yang optimal. Semoga bermanfaat!

Salam persahabatan..!

6 komentar:

  1. kesehatan memang nikmat paling besar...
    dengan diet tubuh kita akn lebih sehat..soalnya pola makan kita tentunya lebih dijaga donk..makasi infonya sob...
    salam kenal..

    visit me back..

    BalasHapus
  2. bener banged brad..
    saya juga setuju..

    btw, mas raziq mau mempraktekkan tips ini gak nih.??
    hehe

    BalasHapus
  3. Kotak komentar mu ada gambarnay so, ajarin dunk cara bikinnya hehehe

    BalasHapus
  4. ingat sehat sebeLum sakit. terima kasih atas sharenya, bermanfaat bagi kita semua sebagai media pengingat akan pentingnya kesehatan.

    ijin menjadi foLLower di bLog ini, saLam kenaL.

    BalasHapus

Sampai disini, ada tanggapan? ;)