Minggu, 08 Januari 2012

Ayo Pemuda! (part 1)

Ayo Pemuda! merupakan judul yang akan gue jadikan berseri. Berisi tentang semua pengharapan gue agar pemuda-pemuda di Indonesia bisa menjadi agen perubahan bangsa dan menjadikan negeri ini lebih baik lagi kedepannya.

Indonesia, adalah sebuah negara besar yang juga memiliki sejarah dan kekayaan alam yang besar. Banyak banget hal-hal yang melimpah di negara kita, tapi ternyata gak dimiliki oleh negara lain di dunia.


Gak ada satupun negara di dunia yang memiliki pahlawan nasional sebanyak negara kita.

Gak ada satupun negara di dunia yang mempunyai pulau-pulau sebanyak negara kita.

Gak ada satupun negara di dunia yang memiliki suku dan bahasa daerah sebanyak negara kita.

Gak ada satupun negara di dunia yang memiliki cadangan gas alam sebanyak negara kita.


Tapi sayangnya, kita masih tidak belum sadar (atau gak peduli) akan anugerah yang telah diberikan Tuhan kepada negara kita ini. Masih banyak tangan-tangan gak bertanggung jawab yang mencoba mempreteli kekayaan negara kita satu persatu. Masih banyak pihak asing yang menancapkan kuku-kuku penjajahan di negara kita dan menghisap sari manisnya. Bahkan masih banyak orang kita sendiri yang dengan kalapnya malah tega menebar kesengsaraan dan kesusahan dimana-mana.


Mau bukti? Oke, gue kasih buktinya.


Berapa banyak luas hutan di negara kita sekarang? Dibandingkan dengan beberapa dasawarsa yang lalu, bertambah atau berkurang? Dan lo tau?

Indonesia udah di cap sebagai negara tercepat sebagai penghancur hutan tercepat di dunia! Bahkan sampai masuk Guiness Record tahun 2008 men!! Bayangkan!


Seriously?


Fakta lainnya.

Lo tau kenapa Amerika Serikat dengan Freeport-nya mati-matian mempertahankan pertambangan emasnya di tanah Papua sana? Lo tau gak apa yang mereka tambang disana?


Emas? Yups jelas.


Tapi lebih dari itu. Yang perlu lo tau, bahwa pertambangan emas terbesar dengan kualitas emas terbaik di dunia terdapat disana!!

Dan kita cuma kebagian 1% dari total 100% hasil penambangan tersebut. Sisanya? 99% lainnya lari ke Amerika Serikat. Itu presentasenya. Miris.


Belakangan juga muncul desas-desus bahwa gak cuma emas dan tembaga yang ada disana. 400 meter dibawahnya, ditemukan kandungan mineral yang harganya 100 kali lebih mahal dari pada emas.


Yaa.. itu adalah URANIUM!! Terdapat uranium disana!


Tapi emang masih belum jelas jumlah kandungan uranium yang ditemukan disana. Namun kabar terakhir yang berkembang menurut para ahli, kandungan uranium disana cukup untuk membangun pembangkit listrik tenaga nuklir dengan tenaga yang dapat menerangi seluruh bumi!


Are you fvcking kidding me???


Fakta yang lain lagi.

Awal 2012 ini, WWF menetapkan terdapat 10 spesies yang terancam punah di seluruh dunia karena jumlahnya yang sudah tinggal sedikit saat ini. Spesies-spesies tersebut memerlukan prioritas perhatian dan perlakuan dari semua pihak. Gak cuma disayang doang, tapi juga harus dilindungi.

Dan (lagi-lagi) ironisnya adalah 4 dari 10 spesies tersebut merupakan spesies yang berada di Indonesia!


Belum lagi banyaknya kasus korupsi, pelanggaran hak asasi manusia, konflik antar suku-agama, lemahnya penegakan hukum, mahalnya harga bahan pokok, sedikitnya lapangan pekerjaan, dan pemberlakuan kebijakan-kebijakan yang tidak efektif dan tidak tepat sasaran.


men, ternyata banyak banget ya masalah di negeri lo


AAAAARRGGGHH!!

Begitu kompleksnya permasalahan di negara kita!


Mau sampai kapan kita begini sob?

Lo betah dengan keadaan yang kayak begini terus-terusan?


Pilihannya cuma ada 2, dan itu ada ditangan kita semua.


Bergerak bersama-sama demi menciptakan Indonesia yang lebih baik di masa yang akan datang.

Atau diam berpangku tangan dan menyaksikan Indonesia makin terpuruk dari hari ke hari.


Inilah tantangan yang kita hadapai di masa yang akan datang.

Kita ditantang untuk mampu merubah keadaan negara kita sekarang, menjadi lebih baik.


Disinilah peran pemuda sebagai agent of change dan agen perubahan bangsa.

Pemudalah yang nantinya akan menggantikan orang-orang tua yang sekarang duduk di kursi pemerintahan. Pemuda jualah yang nantinya akan memimpin negara kita menuju sebuah perubahan yang hakiki.


Masalahnya adalah, mau dibawa kemana negara kita nantinya oleh para pemuda harapan bangsa tersebut?


Sebuah pertanyaan klasik, namun masih membutuhkan jawaban kongkrit yang nyata.


(insya Allah bersambung) :)

2 komentar:

Sampai disini, ada tanggapan? ;)