Selasa, 29 Mei 2012

#ProfilProdi PJ & SIG (Program Diploma III)

PENDAHULUAN
Program Diploma Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis (Diploma III PJ & SIG) didirikan berdasarkan SK DIRJEN DIKTI No : 358/DIKTI/Kep/1998 Tanggal 17 Oktober 1998 dan dibuka pertama kali tahun 1999. Diploma ini dirancang untuk menghasilkan lulusan yang siap pakai, bekerja mandiri, maupun mendampingi lulusan S1 dan S2 di bidang survei-pemetaan. Program Diploma PJ & SIG memberi bekal penguasaan teknis yang kuat pada 3 dari 5 bidang utama survei-pemetaan, yaitu: Penginderaan Jauh, Sistem Informasi Geografis, dan Kartografi. Sedangkan, 2 bidang utama lainnya yaitu Fotogrametri dan Land Surveying tetap diberikan secara memadai. Penggunaan Global Positioning System (GPS) juga diberikan disini.

Penginderaan Jauh merupakan ilmu dan teknologi perolehan informasi obyek atau fenomena di permukaan bumi tanpa kontak langsung. Untuk dapat memperoleh informasi itu, diperlukan sensor yang dipasang pada pesawat udara, pesawat ulang-alik, atau satelit takberawak. Sensor dapat berupa kamera fotografik, antena radar, maupun scanner multispektral/hiperspektral. Sensor menghasilkan citra (gambar) untuk dianalisis lanjut sesuai dengan tema, kemudian menjadi peta.

Sistem Informasi Geografis (SIG) merupakan sistem berbasis komputer untuk pengumpulan, manajemen, analisis dan pemodelan, serta pembuatan output semua informasi spasial, yaitu yang mempunyai referensi lokal pasti di permukaan bumi. SIG memproses peta dengan bantuan komputer. Penginderaan Jauh dan SIG sangat diperlukan dalam perencanaan wilayah/kota, pengelolaan sumberadaya hutan, mineral, kelautan, mitigasi bencana alam, serta manajemen fasilitas (jaringan komunikasi, kelistrikan dan transportasi).


FASILITAS
Kegiatan kuliah (35%) dan praktikum (65%) didukung oleh fasilitas ruang kuliah yang nyaman dengan fasilitas AC dan LCD-Viewer, Laboratorium Analisis Data Digital SIG dan Penginderaan Jauh yang dilengkapi dengan Komputer (16 komputer diantaranya ber-Processor i-5) dengan LCD monitor, Laboratorium Analisis Visual serta didukung oleh berbagai Laboratorium di Fakultas Geografi UGM, antara lain: Laboratorium Penginderaan Jauh Dasar, Laboratorium Penginderaan Jauh Terapan, Laboratorium Pemrosesan Citra Digital, PUSPICS, Laboratorium Sistem Informasi Geografis, Laboratorium Desain dan Konstruksi Peta, Laboratorium Hidrometeorologi, Laboratorium Geomorfologi Dasar, dan Laboratorium Geografi Tanah, serta Laboratorium alam pesisir di Parangtritis.

Guna mendukung kegiatan belajar mandiri mahasiswa disediakan Perpustakaan dan Jaringan internet melalui Sambungan Wi-Fi serta fasilitas pendukung lain berupa Mushola, Ruang Organisasi Mahasiswa Diploma ( Student Association of Remote Sensing and Geography Information System - STARGIS), Ruang Auditorium, Pusat Layanan Fotokopi dan Kantin.


KERJASAMA
Lapangan kerja lulusan bidang Penginderaan Jauh dan SIG sangat luas. Lembaga seperti Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Lemigas, LIPI, BPPTeknologi, Kementerian Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pekerjaan Umum, Badan Pertanahan Nasional (BPN), Badan Intelejen Negara, Kementerian Kesehatan, Universitas/Perguruan Tinggi dan BAPPEDA Provinsi/Kabupaten banyak membutuhkan tenaga terdidik di bidang ini.

Konsultan dan Perusahaan swasta seperti PT. Tigenco Graha Persada, PT. Duta Astakona Girinda, PT. EXSA MAP Asia, PT.EXSA International, PT. Waindo SpecTra, PT. SMART Tbk., PT. Holcim Indonesia Tbk., PT. Wilmar International, PT. Pertamina PE, PT. Black Platinum Energy, PT. Indika Energy Tbk., PT.Bayan Resources Tbk., PT. Merukh Enterprises., PT. Daya Bumindo Karunia, PT. Bumitama Gunajaya Agro, yang membutuhkan tenaga bidang penginderaan jauh dan Sistem Informasi Geografisterus berkembang. Hampir seluruh Kabupaten saat ini masih kekurangan tenaga terlatih/terdidik dalam pemetaan dan pengelolaan data wilayah dalam pemetaan dan pengelolaan data wilayah dalam menyongsong era otonomi daerah.


PELUANG KERJA
Lapangan kerja lulusan bidang Penginderaan Jauh dan SIG sangat luas. Lembaga seperti Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL), LAPAN, Lemigas, LIPI, BPPTeknologi, Ditjen Bangda-Depagri, Departemen Pertanian dan Kehutanan, Departemen Pertanahan Nasional (BPN), dan BAPPEDA Provinsi/Kabupaten banyak membutuhkan tenaga terdidik ini. Konsultan-konsultan swasta yang bergerak di bidang penginderaan jauh dan SIG terus berkembang. Semua kabupaten saat ini masih kekurangan tenaga terlatih/terdidik dalam pemetaan dan pengelolaan data wilayah dalam pelaksanaan otonomi daerah.


AKREDITASI
Program Diploma ini memiliki Peringkat Akreditasi B dengan Nilai 355 dengan Nomor Akreditasi : 008/BAN-PT/Ak-X/Dpl-III/VII/2010.


ALUMNI
Sampai dengan saat ini Program Diploma PJ & SIG telah meluluskan lebih dari 350 alumni, yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebagian besar alumni Program Diploma PJ & SIG telah bekerja di berbagai bidang baik di instansi pemerintah (pegawai negeri) ataupun instansi swasta.


BIAYA PENDIDIKAN
Biaya pendidikan per semester sebesar Rp. 2.500.000,00 dengan perincian : (Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) sebesar Rp. 500.000,00 dan Biaya Operasional Pendidikan (BOP) sebesar Rp. 2.000.000,00 *itu sudah termasuk biaya SKS dan Biaya praktikum*)
Sumbangan Peningkatan Mutu Akademik (SPMA) sebesar Rp. 2.000.000,00 (Dua Juta Rupiah) - Rp. 5.000.000,00 (Lima Juta Rupiah) dibayar sekali selama masa studi


KURIKULUM
Pendidikan Diploma Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis ditempuh melalui sistem kredit semester (SKS), dimana beban SKS yang harus diselesaikan minimal sebanyak 115 SKS. Diharapkan mahasiswa dapat menyelesaikan program pendidikan selama 5-6 semester. Gelar yang akan diterima adalah Ahli Madya (A.Md)

No

Matakuliah

SKS

1

Agama

2

2

Pancasila

2

3

Matematika Dasar

2

4

Statistik

2

5

Bahasa Inggris I

2

6

Bahasa Inggris II

2

7

Sistim Operasi Komputer

3

8

Meteorologi & Klimatologi

2

9

Penggunaan Lahan & Vegetasi

3

10

Geomorfologi & Geologi

3

11

Kartografi Dasar

3

12

Fotogrametri Dasar

3

13

Dasar-dasar Tata Ruang

2

14

Ekologi & Ilmu Lingkungan

2

15

Basis Data

3

16

Hidrologi

3

17

Geodemografi

3

18

Studi Kota

2

19

Ilmu tanah

3

20

Sistim Informasi Geografis

3

21

Penginderaan Jauh Dasar

3

22

Ilmu Ukur Tanah

3

23

Pemrosesan Citra Digital PJ

3

24

Penggunaan Peta

3


No

Matakuliah

SKS

25

Sistim PJ non Fotografi

3

26

Pemograman Komputer

3

27

Evaluasi Sumberdaya Lahan

3

28

Kartografi Tematik

3

29

Pemanfaatan Perangkat Lunak

4

30

Interpretasi Citra PJ untuk Survei Geologi & Geomorfologi

3

31

Interpretasi Citra PJ untuk Tanah

3

32

Interpretasi Citra PJ untuk Hidrologi

3

33

Interpretasi Citra PJ untuk Penggunaan Lahan & Vegetasi

3

34

Interpretasi Citra PJ untuk Survei Kota

3

35

Aplikasi SIG

3

36

Penanganan Data Spasial

3

37

Analisis Data dan Pemodelan Spasial

3

38

Kuliah Kerja Lapangan

2

39

Praktek Kerja Magang

3

40

Penulisan Laporan

3

41

Studi Kasus 1

2

42

Studi Kasus 2

2

43

Studi Kasus 3 (Tugas Akhir)

4

























KONTAK
Alamat : Gedung B Pasca Sarjana dan Diploma SIGPJ, Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada, Bulaksumur, Yogyakarta 55281
Telepon : 0274-6492347, 085327866920
Fax : 0274-6492347
e-mail : d3sigpj(at)ugm(dot)ac(dot)id
website : DISINI

1 komentar:

Sampai disini, ada tanggapan? ;)